Selasa, 04 Desember 2018

Pilih truk atau kereta api untuk angkutan barang

Pemerintah melakukan sosialisasi kepada pengusaha untuk mendorong ekspor menggunakan Kereta Api Peti Kemas Gedebege-Tanjung Priok sebagai alternatif angkutan barang yang saat ini masih didominasi angkutan truk. Mana yang lebih menguntungkan? Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia, Ade Sudrajat mengatakan, pihaknya menilai penggunaan kereta api peti kemas lebih mahal daripada truk. Ia mengungkapkan, penggunaan truk mengeluarkan biaya Rp 4,4 juta per kontainer 40 feet.

truk angkutan barang


Sedangkan biaya pengiriman menggunakan kereta peti kemas untuk kontainer berukuran 40 feet Rp 4,6 juta, belum termasuk pengiriman truk dari pabrik menuju stasiun dan pajak yang dikenakan. Jika dihitung bersih, biaya yang dikeluarkan untuk menggunakan kereta peti kemas menjadi sekitar Rp 5,5 juta per 40 feet kontainer. Sementara itu, pajak yang dikenakan kepada pengusaha sebesar 30%-40% dari biaya operasional. Pajak tersebut merupakan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang ditetapkan Kemenhub.
Cara memilih harga ban mobil murah bagus
"Kalau pakai kereta bersih-bersihnya Rp 5,5 juta per 40 feet kontainer. Pakai truk Rp 4,4 juta per 40 ft kontainer. Yaitu kereta lebih mahal karena PNBP tadi itu, ini lagi diurus agar bisa dikurangi," kata Ade, di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (13/1/2017).

kereta api barang


Saat ini Ade mengaku sudah mengusulkan kepada Kemenhub untuk menurunkan PNBP tersebut hingga 10%. Hal itu untuk menurunkan biaya logistik barang sehingga makin banyak pengusaha yang menggunakan jasa kereta api ini.

"35-45% dari BOP, saya usul PNBP turun jadi 10%. Saya sudah bilang ke Kemenhub, itu masalah sedang dicari solusinya," kata Ade.

Namun, jika menggunakan kereta ada kelebihannya seperti pengiriman barang lebih cepat yaitu sekitar 4-5 jam perjalanan. Misalnya jika berangkat dari Stasiun Gedebege pukul 19.25 WIB akan tiba di Tanjung Priok sekitar pukul 00.37 WIB. Dengan waktu yang lebih cepat, biaya yang lebih mahal pada angkutan kereta bisa terkompensasi dari rendahnya risiko kerusakan dan hilangnya barang selama perjalanan.

Sedangkan jika menggunakan truk berisiko terkena macet, apalagi jika pengiriman di akhir pekan atau libur nasional. Belum lagi, risiko kecelakaan, dan ketidak amanan seperti dirampok di tengah jalan. Lihat juga harga truk bekas dibawah 50 juta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar